Manfaat Tanaman Sesuru Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Sesuru Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Sesuru Bagi Kesehatan

Sesuru (Euphorbia antiquorum Linn.) merupakan tanaman yang sering kita jumpai. Tanaman ini biasanya dapat kita temukan diperkarangan rumah, taman-taman dan dapat kita jumpai juga didaerah pantai. Tanaman sesuru ini merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae.

Batang sesuru ini rasanya pahit, beracun dan sifatnya dingin. Setelah getahnya dihilangkan dengan pengolahan, batangnya dapat berkhasiat untuk menghilangkan bengkak, antiradang, peluruh kentut, membunuh serangga dan berkhasiat untuk meredakan demam.

Kandungan kimia yang terdapat pada batang sesuru adalah taraxerol, friedelan, taraxeron, sterol, epifriedelanol, progesteron, asam amino, karbohidrat, asam malat, asam sitrat dan asam fumarat. Kemudian pada daun sesuru mengandung kalsium oksalat, peroksidase, kanji dan peptic substance.

Bagian tanaman sesuru yang dapat kita jadikan sebagai obat adalah putik bunganya, daun dan batangnya. Untuk penggunaan pada batang sesuru, harus dicuci terlebih dahulu sampai bersih, kemudian buang kulitnya dan durinya terlebih dahulu. Potong tipis-tipis, lalu gongseng dengan beras sampai warnanya menjadi cokelat. Setelah itu baru siap untuk digunakan.

Nah, sekarang saya akan menyebutkan manfaat tanaman sesuru yang lainnya bagi kesehatan Anda serta cara pengobatannya. Jadi simaklah dengan baik dibawah ini.

01. Mengatasi Sembelit

Caranya ialah cucikan batang sesuru yang masih segar secukupnya, lalu digilingkan halus, kemudian adukkan air perasannya dengan tepung tapioka secukupnya. Buat pil sebesar kacang hijau dari bahan ini. Selanjutnya, keringkan dengan cara digongseng (goreng tanpa minyak). Setelah itu makan 1 pil setiap hari.

02. Mengobati Sakit Gigi

Caranya ialah ambil getah sesuru beberapa tetes. Dengan lidi kapas, lumaskan pada gigi yang sedang sakit dan berlubang. Lakukan cara ini 1-2 kali sehari dengan hati-hati agar tidak mengenai gigi yang sehat.

03. Mengobati Bisul dan Kurap

Caranya ialah bersihkan cabang sesuru yang masih segar secukupnya, kupas kulitnya, lalu tumbuk sampai halus. Peras airnya, kemudian lumaskan pada bisul dan kurap. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur 2 kali sehari.

Catatan: Bagi ibu yang hamil dilarang minum rebusan simplisia ini, karena sesuru ini mengandung racun.
Batang sesuru mengandung getah. Jika digunakan tanpa proses pengolahan, akan menyebabkan diare berat.
Jika termakan banyak akan menimbulkan lepuh pada mulut, sakit kepala, gemetar, mual dan sampai koma.

Nah, itulah manfaat dari tanaman sesuru yang bisa saya jelaskan. Semoga artikel ini bisa bermafaat bagi Anda yang telah membacanya, terima kasih.

Bagikan Artikel ini:

No comments

Paperwork Shows adalah blog yang membahas berita kesehatan yang dikutip dari portal terpercayaan, terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.